Izzor's Blog

Life is Adventure

MBC Day 10

Tinggalkan komentar

MBC day 10 diselenggarakan pada tanggal 24 Juli 2013, disini kam harus memenuhi kourum yang kami janjikan yaitu 210 orang, namun kenyataan kourum fisik kami hanya 169 orang, kami pun harus menerima konsekuensinya yaitu kami harus menulis di blog kami minimal 80 kata sebelum jam 9 malam, dan juga mempublishnya di berbagai media sosial.

Setelah itu kami mendapat materi mengenai palapa, yang merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat HME dalam bentuk community development. kegiatan ini diinisiasi oleh angkatan 2005 sebagai wujud tugas angkatan ketika MBC 2006. Palapa ini telah berlangsung 3 kali dan fokus daerahnya di kabupaten garut. namanya sendiri terinspirasi dari satelit indonesia pertama yaitu palapa.

 
Proyek pertama Palapa namanya tuh Palapa Jaya yang merupakan proyek peserta MBC angkatan 2005, mulai digagas pada tahun 2006. Proyek ini dilaksanakan di Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut. Teknologi yang digunakan itu pembangkit listrik pikohidro, daya yang dihasilin sekitar 5 kW. Proyek ini direalisasiin tahun 2007 terus diresmiin tahun 2008. Proyek Palapa yang pertama ini mengundang perhatian banyak pihak sehingga punya sponsor yang banyak bahkan sampe masuk TV.
 Proyek kedua Palapa (Palapa II) dilaksanakan di Desa Mekarwangi, Kabupaten Garut. Teknologi yang digunain itu pembangkit listrik tenaga surya 10 x 100 Wp. Ketua proyek ini Ramadhani Wahono. Proyek ketiga Palapa (Palapa III) tempatnya sama kaya proyek kedua tadi. Teknologi yang digunain pada proyek ini maintenance PLTS yang merupakan proyek Palapa II dengan penggantian batre. Pada Palapa III lebih diutamain kegiatan sosial kaya rumah belajar Palapa III, pembangunan peternakan domba, serta peternakan ikan lele. Ketua proyek ini M. Fariz.
Terakhir kami diberi materi mengenai probliem solving. dalam probloem solving kita harus mengindentifikasi masalahnya terlebih dahulu, terus dibuat analisanya kemudian beru strateginya, setelah itu dilakukan eksekusi dari solusi tadi. Di sini kami diajarkan untuk melakukan problem solving dengan frame DSPA (Define the problem, Structure the problem, Prioritize Issues, Action Plan) karena sesuai dengan keadaan mahasiswa sekarang
Setelah itu kami mendapat tugas untuk melakukan pengmas dengan spesifikasi tertentu, pengmas ini diketuai oleh juniro andas. setelah itu, kami dipulangkan.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s